HomeBCABank Plat Merah Apa Saja? Temukan Jawabannya Berikut

Bank Plat Merah Apa Saja? Temukan Jawabannya Berikut

Sering mendengar istilah bank plat merah? Kamu mungkin belum tahu bank plat merah artinya apa? Dan bank apa saja yang termasuk bank plat merah?

Bank plat merah adalah bank yang tergabung dalam Bank BUMN, dikatakan bank plat merah karena bank-bank tersebut adalah milik pemerintah dengan kepemilikan aset hingga ribuan triliun rupiah.

Adapun bank yang termasuk ke dalam bank plat merah di Indonesia adalah Bank BRI, BTN, BSI, dan Bank Mandiri.

Advertisement

Bank Mandiri merupakan Bank BUMN dengan yang tergolong Bank BUKU IV dengan modal inti di atas Rp30 Triliun.

Berikut penjelasan dasar mengenai bank-bank yang masuk kedalam daftar bank plat merah:

1. Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. (BBRI) masih menjadi bank dengan nilai aset terbesar di Indonesia hingga saat ini.

Adapun laporan neraca keuangan Bank BRI yaitu, memiliki aset sebesar Rp1.411.05 triliun, liabilitas sebesar Rp1.216,29 triliun, dan Ekuitas sebesar Rp191,62 triliun.

2. Bank Mandiri

Setelah Bank BRI, disusul oleh Bank Mandiri sebagai bank terbaik dengan nilai asset yang tinggi.

Berdasarkan neraca keuangan, Bank Mandiri tercatat memiliki aset sebesar Rp1.548,07 triliun, liabilitas Rp1.386,54 triliun, dan ekuitas sebesar Rp181,63 triliun.

3. Bank BNI

Selanjutnya adalah Bank Negara Indonesia memiliki total aset sebesar Rp862,44 triliun. Diperkirakan aset Bank BNI bertumbuh terus tiap tahunnya.

Berdasarkan laporan neraca keuangan BNI, asetnya sebesar Rp862,44 triliun dengan liabilitas sebesar Rp744,70 triliun, dan ekuitas sebesar Rp151,14 triliun.

4. Bank Tabungan Negara (BTN)

PT Bank Tabungan Negara, Tbk. (BBTN) merupakan Bank BUMN yang memiliki produk unggulan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Berdasarkan laporan neeraca keuangan BTN, aset Bank BTN sebesar Rp375,73 triliun, dengan liabilitas Rp356,61 triliun, dan ekuitas Rp19,12 triliun.

5. Bank BSI

Bank BSI atau Bank Syariah Indonesia adalah bank termuda di Bank BUMN, bank ini baru diresmikan pada 1 Februari 2021 lalu oleh Presiden Joko Widodo.

Bank Syariah Indonesia ini adalah gabungan dari bank syariah milik pemerintah, yakni Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah.

Ketiga bank tersebu melakukan merger dengan tujuan untuk pengembangan ekonomi syariah di Indonesia serta menjadikan BSI sebagai salah satu dari 10 Bank Syariah terbesar dalam lingkup global.

Laporan neraca dari BSI, yakni Aset sebesar Rp234,43 triliun, liabilitas Rp211,93 triliun, dan ekuitas sebesar Rp22,50 triliun.

Jadi, itulah daftar bank plat merah bagi yang masih sering bingung bank plat merah apa saja.

Di Indonesia terdapat dua kategori bank, yaitu Bank Swasta dan Bank BUMN, kedua bank ini memiliki perbedaan.

Bank BUMN adalah bank yang sebagian besar modalnya berasal dari pemerintah, meskipun bank plat merah  terbuka untuk public namun persentase kepemilikannya lebih besar berasal dari pemerintah.

Sedangkan Bank Swasta adalah bank umum yang terbuka bagi public, sebagian modal bank ini dimiliki pihak swasta atau pengusaha nasional.

Contoh Bank Swasta yang terkenal di Indonesia adalah Bank Central Asia (BCA), Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN), CIMB Niaga, Bank Mega, dan Bank Permata.

Konten menarik lainnya:

Bank Himbara Apa Saja? Berapa Biaya Transaksinya? Ini Jawabannya

Bantuan Kuota Kemendikbud Desember 2021 Disalurkan Mulai Hari Ini, Berikut Rinciannya!

Berapa Kode Bank BCA?

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular